30 Sep 2012

Tugas Softskill Ekonomi Koperasi #

Tugas 1

Mengapa koperasi di Indonesia  sulit berkembang ?

Karena kurang adanya modal dari badan usaha tersebut. Kendala modal itu bisa jadi karena kurang adanya dukungan modal yang kuat dan dalam atau bahkan sebaliknya terlalu tergantungnya modal dan sumber koperasi itu sendiri. Jadi untuk keluar dari masalah tersebut harus dilakukan melalui terobosan structural, maksudnya dilakukannya restrukturasi dalam penguasaan factor produksi, khususnya permodalan.

 Kurang berkembangnya koperasi di Indonesia juga bisa karena Kurang bagusnya  pengurus dalam mengelola koperasi, Pengurus koperasi sering kali  tidak jujur,  Kurangnya kerja sama antara pengurus, pengawas dan anggotanya.

Tugas 2
Apa perbedaan koperasi dengan credit union (UC) ?

Koperasi adalah  suatu kumpulan orang-orang untuk bekerja sama demi kesejahteraan bersama atas dasar prinsip prinsip koperasi, sehingga mendapatkan manfaat yang lebih besar dengan biaya rendah melalui perusahaan yang dimiliki dan diawasi secara demokratis oleh anggotanya, Sedangkan credit union  mempunyai manfaat bagi anggotanya  untuk  mengubah pola piker dari yang terbiasa instan  langsung memanfaatkan uang saat mendapat pinjaman  menjadi menciptakan modal dahulu dengan menabung secara rutin. Jika telah tercipta modal atau tabungan, baru memanfaatkan atau meminjam.
Selain itu, CU juga dapat mengubah kebiasaan seseorang dari tidak biasa menabung menjadi biasa menabung. Anggota CU selalu mempunyai uang dalam bentuk tabungan yang terus meningkat, dan selalu bisa memanfaatkan tabungan untuk meningkatkan jumlah untuk menciptakan aset.

Referensi : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/10/koperasi-credit-union-2/